Sumpah Pemuda, Momentum Kebangkitan Bangsa Indonesia

Jatengpost.com.-Pemuda adalah harapan Bangsa di masa yang akan datang. Momentum Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap tahun. Sebagai pemuda tentu harus berupaya mengenal sejarah. Perjalanan sejarah di Indonesia telah meninggalkan kisah Kongres Pemuda Indonesia Kedua pada 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Ada tiga kalimat berejaan Van Ophuysen yang sampai sekarang tidak asing lagi. Ketiga kalimat itu adalah:

Merujuk kepada situs www.kemdikbud.go.id, 28 Oktober 2019, Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-91 Tahun 2019 mengambil tema “Bersatu Kita Maju”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Ada tiga hal yang harus dimiliki pemuda Indonesia untuk memenangi “pertarungan” di masa depan sekaligus mewujudkan cita-cita bangsa. Pertama, diperlukan pemuda yang memiliki karakter yang tangguh, baik karakter moral maupun karakter kinerja. Kedua, memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni.

Dan ketiga, selalu memiliki inovasi-inovasi baru. Sebagai pemuda generasi penerus Bangsa idealnya harus punya semangat tinggi untuk terus belajar dan memberikan kontribusi positif baik melalui ide ataupun karya nyata. Setiap pribadi pemuda tentunya memiliki keunikan dan kemampuan masing-masing. Para pemuda bisa berprestasi dan mengangkat Indonesia melalui berbagai bidang seperti olahraga, seni budaya dan lainnya. Potensi yang ada jika dimaksimalkan bisa memberikan kemanfaatan bagi majunya Bangsa ini. Bersatu Salah satu kunci untuk maju adalah bersatu.

Masyarakat Indonesia jangan mau dipecah belah atau diadu domba oleh oknum-oknum yang menginginkan Negara ini hancur. Indonesia adalah Bangsa besar dan kaya raya. Jangan sampai para pemuda lengah dengan segala kemudahan-kemudahan yang ada. Berusaha menjadi pemuda tangguh, jangan manja, tidak cepat putus asa dan mau bekerja keras dan cerdas. Kita semua tidak tahu pasti ancaman-ancaman dari luar. Pemuda bisa menjadi incaran pihak-pihak yang ingin menguasai Bangsa ini. Jangan sampai pemuda Indonesia terlena dengan dunia maya yang terkesan menghibur tapi bisa membuat hancur.

Di sini, para pemuda harus bijak dan cerdas memanfaatkan akses kemudahan melalui internet. Misal untuk promo hasil karya, menambah relasi, berbisnis dan hal-hal yang berguna lainnya. Harapannya pemuda yang nanti diberi kepercayaan menjadi pejabat dan pengambil kebijakan bisa menjadi sosok-sosok yang amanat bukannya berkhianat. Mari semangat menjadi pemuda yang bermanfaat. Selamat Hari Sumpah Pemuda. (Echya Monica, anggota UKM Literasi STAIMAS Wonogiri)

Opini dimuat di https://www.jatengpost.com/opini/pr-3562420422/sumpah-pemuda-momentum-kebangkitan-bangsa-indonesia

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *