Bahas Maqashid Syariah, Prodi ES STAIMAS Berkolaborasi dengan STEI Hamfara

Wonogiri–Prodi Ekonomi Syariah (ES) Sekolah Tinggi Agama Islam Mulia Astuti (STAIMAS) bersama Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Hamfara Yogyakarta menyelenggarakan Webinar Nasional, melalui zoom meeting, Minggu (16/8/2021).

Webinar Nasional bertajuk Maqashid Syariah Dari Larangan Praktik Riba, Gharar dan Ihtikar (Penimbunan Barang) itu menghadirkan dua narasumber yaitu Dosen Prodi ES, Munir, S.Ag., M.E dan Dosen Perbankan Syariah, Meti Astuti, SEI, MEK. Webinar dipandu moderator mahasiswa Prodi ES, Echya Monica.

Wakil Ketua I Bidang Akademik, Indra Setiawan, MM, bersyukur STAIMAS bisa berkolaborasi dengan STEI Hamfara. Indra berharap sinergi itu bisa terus terjalin dan membawa manfaat bagi kedua perguruan tinggi serta masyarakat pada umumnya.
Pada kesempatan itu, Munir menyampaikan pentingnya umat Islam menjauhi praktik riba, gharar dan ikhtikar.

“Larangan riba ada di dalam Alquran. Salah satunya dalam Surat Al Baqarah. Wahai orang-orang yang beriman, tinggalkanlah apa yang tersisa dari riba, jika kalian adalah orang-orang yang beriman. Maka jika kalian tidak meninggalkan, maka umumkanlah perang kepada Allah dan Rasul-Nya. Maka jika kalian bertaubat, maka bagi kalian adalah pokok harta kalian. Tidak berbuat dhalim lagi terdhalimi,” kata Munir.

Menurut Munir, umat Islam pun perlu memahami mengenai jual beli yang sesuai tuntunan agama Islam. Akad dan barang harus jelas serta berupa barang-barang halal.

“Selain itu, umat Islam jangan suka menimbun barang yang menyebabkan kelangkaan dan masyarakat kebingungan mencari barang yang dibutuhkan,” tambah Munir.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *