Bahas Strategi Kembangkan BMT di Pandemi, Prodi ES STAIMAS Kolaborasi Bersama 3 PT

Wonogiri–Prodi Ekonomi Syariah (ES) SRAIMAS Wonogiri berkolaborasi Webinar Nasional bersama 3 Perguruan Tinggi (PT), Sabtu (11/9/2021). Ketiga PT itu adalah STAI Daarut Tauhiid Bandung, Institut Daarul Qur’an Banten dan IAI Syarifuddin Lumajang.

Pada webinar bertemakan “Strategi Pengembangan BMT menjadi Lembaga Keuangan Syariah yang Sehat di Masa Pandemi” itu menghadirkan empat keynote speaker. Yaitu Ketua STAIMAS Wonogiri, Tri Gunawan Hadi, M.H; Ketua STAI Daarut Tauhiid, Mulyadi Al Fadhil, M.Pd; Rektor IAI Syarifuddin, Drs. Satuyar Mufid, M.A.;Rektor Institut Daarul Qur’an, Dr. Muh. Anwar Sani, M.E.

Adapun keempat narasumber yang hadir adalah Moh.Mualim, Lc., M.A.(Institut Daarul Qur’an), Muhammad Farid, M.Sy. (IAI Syarifuddin), Suprihatin, M.M. (STAIMAS Wonogiri) dan Dr.Muh. Iskandar, M.M.(STAI Daarut Tauhiid). Webinar itu dipandu moderator dosen Prodi ES STAIMAS, Mutia Azizah Nuriana, M.E.

Atin mengemukakan untuk tetap berkembang BMT pada masa pandemi Covid-19 perlu beberapa kebijakan internal yang harus diambil. “Jangan sampai komunikasi terputus. Tetap melakukan koordinasi dan menyelenggarakan rapat anggota tahunan secara daring atau online dan tidak,” ujar dosen Prodi ES STAIMAS itu.

Menurut Atin, seluruh pengelola BMT tetap menyampaikan laporan keuangan tahun buku, maka anggota dapat memberikan tanggapan secara tertulis dan dilaporkan ke BMT. “BMT harus berinovasi dengan menyediakan layanan berbasis online sehingga memudahkan anggota untuk melakukan transaksi,” imbuh pria yang menjabat sebagai Ketua KSPPS BMT MITRA MANDIRI Wonogiri itu.

Atin menyebutkan pengelola BMT harus tetap berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada anggota selama masa pandemi. Untuk itu, pengurus dapat melakukan kerja secara shift atau bergantian dengan menerapkan protokol kesehatan. Dia menambahkan, BMT supaya memberikan kebijakan dalam pembagian sisa hasil usaha (SHU) yang langsung dimasukkan ke dalam rekening anggota. Selain itu, tetap menyampaikan laporan pertanggungjawaban pengurus melalui daring dan cetak yang dikirim ke rumah anggota.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *