Dosen Prodi ES Ikuti Workshop Penyusunan RPS Berbasis OBE

Wonogiri – Sekolah Tinggi Agama Islam Mulia Astuti (STAIMAS) Wonogiri menggelar Workshop Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berbasis Outcome-Based Education (OBE), Selasa, (8/08/2023). Kegiatan yang berlangsung di Gedung Aula STAIMAS Wonogiri ini dihadiri oleh seluruh jajaran dosen STAIMAS.

Workshop yang dimulai pada pukul 08.30 dan berakhir pukul 12.30 WIB ini diisi oleh Dr. Situ Asih, S.Pd.B, M.I.Kom, dosen dari Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri (STABN) Raden Wijaya, Wonogiri, dan dimoderatori Maulana Iskandar, M.Pd, Dosen Pendidikan Agama Islam STAIMAS Wonogiri.

Dalam kesempatan ini, Dr. Situ Asih memberikan penjelasan yang komprehensif kepada para dosen STAIMAS mengenai pentingnya menyusun RPS yang didasarkan pada Capaian Profil Lulusan. “Hal ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di STAIMAS,” jelas Situ.

Situ Asih menerangkan, RPS OBE ini juga menekankan pada penilaian mahasiswa, “Jangan lupa juga ketika membuat RPS juga harus ditentukan bagaimana penilaian terhadap mahasiswa, dan mereka juga harus mengetahui, sehingga ketika mahasiswa mengerjakan tugas tau kira-kira akan mendapat nilai berapa,” tuturnya.

Amir Mukminin, S.Pd.I, M.Pd, Wakil Ketua 1 Bidang Akademik STAIMAS, menggarisbawahi urgensi penerapan OBE dalam penyusunan RPS. Menurutnya, mengingat perkembangan zaman dan tuntutan profesi, “Dosen harus dapat menghasilkan RPS yang mengarah pada pengembangan keahlian mahasiswa. Dengan demikian, capaian mahasiswa akan lebih sesuai dengan kebutuhan dunia kerja,”terang Amir.

Workshop ini menjadi langkah awal bagi STAIMAS dalam mengadopsi pendekatan pembelajaran berbasis OBE. Diharapkan, dengan pengenalan konsep ini, STAIMAS dapat terus berinovasi dalam menyediakan pembelajaran yang berkualitas dan relevan dengan tuntutan zaman.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *