Prodi ES STAIMAS Adakan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley bagi Mahasiswa

Wonogiri – Program Studi Ekonomi Syariah ((Prodi ES) Sekolah Tinggi Agama Islam Mulia Astuti (STAIMAS) Wonogiri mengadakan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley pada Sabtu (9/12/2023), pukul 09:00 WIB hingga selesai, di Ruang K, lantai II Gedung Kampus II STAIMAS Wonogiri.

Kegiatan tersebut diikuti belasan mahasiswa yang pada semester ini sedang mengerjakan proposal penelitian dan skripsi. Pelatihan itu menghadirkan dosen Prodi Ekonomi Syariah, Risky Yuniar Rahmadieni, S.E.Sy., M.E. dan dipandu moderator, Mutia Azizah Nuriana S.E.Sy.,M.E.

Kepala Prodi ES Makhda Intan Sanusi, S.H., M.E pada pembukaan berharap peserta pelatihan memahami teknik penggunaan reference tool manager Mendeley.
“Pelatihan Mendeley mampu memberi dampak kepada mahasiswa dalam menumbuhkan budaya menulis ilmiah. Sebab,mahasiswa menjadi tahu cara penulisan referensi yang sesuai format baku internasional dan yang ada dalam buku panduan,” ujar Intan.

Risky memaparkan secara menyeluruh seputar penggunaan Mendeley. Dia memandu cara mengunduh dan menginstal Mendeley di laptop masing-masing mahasiswa. “Teman-teman dapat mengunduh artikel ilmiah di google scholar dan aplikasi lainnya untuk mendapatkan referensi baik nasional maupun internasional,” tambahnya.

Risky mempraktikkan cara menyimpan serta mengklasifikan referensi serta memandu teknik mensitasi langsung dari arsip kepustakaan digital Mendeley untuk ditulis di naskah proposal skripsi.

Mengenai manfaat Mendeley, Sekretaris LPM, Devina Melinawati, S.Pd, M.Pd, menekankan, penggunaan Mandeley agar dapat menulis lebih rapi dan informatif dalam menyusu naskah skripsi. Devina pun berbagi informasi berkaitan dengan paraphrase yang sering di gunakan agar mahasiswa terhindar dari Similarity Index ketika di cek Turnitin.

Mutia yang memandu jalannya acara menambahkan melalui pelatihan itu, diharapkan mahasiwa mampu menambah referensi, tidak saja secara offline, namun juga online. “Mengingat pada zaman internet sekarang ini segala sesuatu termediasi melalui media online dan teknologi digital. Melalui aplikasi Mendeley, mengunduh, menyimpan dan memilah arsip kepustakaan digital akan semakin efektif,” demikian ujar Mutia yang juga pengelola Jurnal Penelitian Lisyabab itu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *